Tuesday, July 4, 2017

7 Alasan Mengejutkan Kenapa Kamu Lapar Terus-terusan



Merasa lapar itu merupakan hal yang wajar. Tubuh kita memang membutuhkan makanan dari waktu ke waktu untuk dapat terus beraktivitas. Terlebih sehabis melakukan aktivitas yang berat atau sedang mengalami perubahan hormon seperti saat menstruasi atau hamil, rasa lapar yang terus menerus menjadi sesuatu yang wajar. Akan tetapi jika rasa lapar dan ingin makan terus menerus datang meskipun kamu telah makan, hal ini harus kamu waspadai. Karena lapar merupakan salah satu cara bagi tubuh untuk menyampaikan sesuatu padamu. Inilah tujuh penyebab rasa lapar yang datang secara terus menerus, Domino99.


1. Kamu sedang mengalami dehidrasi



Menurut sebuah penelitian, mayoritas orang merespon rasa haus justru dengan makan alih-alih minum. Hal ini disebabkan karena rasa lapar dan haus diatur oleh satu bagian di otak saja yaitu Hypothalamus. Dan sinyal yang disampaikan oleh Hypothalamus terkadang tertukar. Karena itu, coba minum dahulu ketika kamu merasa lapar terus menerus, siapa tahu yang kamu butuhkan adalah air dan bukan makanan.

2. Makananmu terlalu banyak mengandung karbohidrat



Karbohidrat memang diperlukan tubuh untuk diubah menjadi energi yang kamu perlukan dalam menjalani aktivitasmu. Namun terlalu banyak karbohidrat dan tidak ditemani dengan cukup serat atau nutrisi lainnya akan membuatmu lapar terus-terusan. Karbohidrat, apalagi yang telah mengalami proses refinasi, akan diubah menjadi glukosa. Dan tubuh akan membakar glukosa dengan sangat cepat membuatmu ingin kembali mengisi tubuh dengan karbohidrat. Sedangkan serat yang cenderung lebih lama proses pengolahannya dalam tubuh akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

3. Kamu stress berkepanjangan



Saat kamu sedang stress, otak sebenarnya melepaskan adrenalin yang membuat tubuh masuk kedalam mode fight or flight. Hal ini akan menekan rasa laparmu. Akan tetapi jika stres yang kamu alami adalah stres dalam jangka panjang dan terjadi secara terus menerus, maka tubuh justru akan melepaskan hormon kortisol yang membuatmu lapar terus menerus dan menyimpan lemak dalam tubuh.

4. Kurang tidur juga bikin lapar lho



Tidur adalah hal yang penting bagi kesehatan. Saat kamu kurang tidur, tidak hanya kamu akan kekurangan energi, namun kamu juga akan terus menerus merasa lapar. Hal ini disebabkan karena kurang tidur membuat kadar leptin, hormon yang membuatmu merasa kenyang, menurun drastis. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat hormon kortisol meningkat, dan tubuhmu membakar kalori lebih sedikit dari biasanya. Jadi, coba perbaiki waktu tidurmu jika rasa ingin makanmu tidak terkontrol ya, Bandar Poker Terbaik.

5. Tubuhmu kurang protein



Protein, tidak seperti karbohidrat, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna. Karena itu, protein akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa sarapan yang dipenuhi dengan protein akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi kebutuhanmu akan asupan kalori selama 24 jam.

6. Pekerjaan yang membuatmu duduk sepanjang waktu



Pekerjaan yang merekatkanmu ke kursi sepanjang waktu akan meminimalisir waktumu untuk bergerak dan melakukan aktivitas lain. Tidak hanya membuatmu membakar lebih sedikit kalori, ternyata duduk sepanjang waktu juga akan membuatmu merasa lapar terus-terusan. Sebuah studi membuktikan bahwa pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktunya untuk duduk, dapat mengurangi rasa laparnya hanya dengan bangun dan berjalan setiap 30 menit sekali.

7. Kamu bukan lapar, tapi kamu bosan



Ini adalah salah satu hal yang sering terjadi. Rasa bosan membuatmu tidak dapat membuat pilihan makanan yang baik dan kamu akan makan untuk menuruti emosimu alih-alih untuk memenuhi rasa lapar. Hal inilah yang disebut dengan emotional eating. Namun emotional eating tidak hanya akan membuatmu makan terus-terusan, kamu juga akan cenderung makan dalam porsi yang lebih dari yang dibutuhkan, SumoQQ.

Setelah mengetahui ketujuh penyebab rasa lapar di atas, kini kamu dapat memahami kembali apakah rasa laparmu adalah kebutuhan tubuh atau memiliki alasan lain. Dan kamu dapat dengan baik mengatasi rasa laparmu dengan cara yang tepat alih-alih terus-terusan makan.


0 comments:

Post a Comment