Saturday, July 1, 2017

Inilah Gedung-gedung Apartemen yang Bentuknya Lain dari yang Lain


Apartemen seolah sudah bukan menjadi hal yang mewah lagi belakangan ini. Di kota-kota besar, kita bisa menemukan banyak apartemen dibangun. Karena selain tentu saja membeli rumah sendiri masih sulit terjangkau, apartemen menawarkan suatu kemudahan tinggal yang simple dan ekonomis. Nah, berikut ini coba yuk tengok beberapa gedung apartemen yang bangunannya unik. Ternyata apartemen nggak sekedar bangunan tingkat lho, Domino99.


1. Reversible Destiny Lofts – Mitaka, Jepang (2005)


Reversible Destiny Lofts adalah contoh pertama dari "arsitektur prosedural" (procedural architecture) untuk penggunaan residensial. Dalam bahasa Inggris, ini berarti unit yang dirancang dengan kebiasaan penghuninya. Segala sesuatu dari bentuk koridor hingga distribusi kamar sangat diperhatikan. Fakta unik lainnya, loteng ini sebenarnya didedikasikan untuk mengenang Helen Keller.

2. Hundertwasserhaus – Vienna, Austria (1986)



Piet Blom mungkin senang bertemu di belakang desa naturalistik ini. Hundertwasserhaus dibangun dari sebuah konsep oleh seniman Austria Friendensreich Hundertwasser dan dirancang oleh Joseph Krawina. Konsep kota berlapis yang ditumbuhi alam cukup keren, Bandar Poker Terbaik.

3. Cubic Houses – Rotterdam, Belanda (1977)



Disebut dengan Kubuswoningen di Belanda, rumah-rumah Cube dirancang oleh Piet Blom dan dibangun di atas sebuah jembatan. Setiap rumah ada sebuah pilar berbentuk segi enam yang diatapi sebuah kubus yang miring pada 45 derajat. Intinya, Kubuswoningen seharusnya menyerupai deretan pohon. Blom awalnya membayangkan sebuah woonwoud, atau "kayu hidup", yang meminta lebih banyak lagi rumah pohon, tapi mimpinya tak pernah terwujud.

4. Nakagin Capsule Tower – Tokyo, Jepang (1972)


Ingat adegan di The Fifth Element di mana Korben dan Leeloo tidur di kamar seperti kapsul dalam perjalanan mereka ke Fhlostan Paradise? Nah, sekarang kamu tahu di mana Luc Besson mendapat ide untuk ruang silinder dan sempit ini. Dirancang oleh Kisho Kurokawa, Nakagin Capsule Tower adalah contoh awal "Japanese Metabolism" dan contoh pertama dari arsitektur kapsul. Sayangnya, hanya 30 dari 140 kapsul yang masih digunakan sampai tahun 2010.

5. Habitat 67 – Montreal, Canada (1967)



Dibuat untuk Pameran Internasional dan Universal yang diadakan di Montreal, Quebec, Kanada pada tahun 1967 (dianggap oleh beberapa orang sebagai Pameran Dunia yang paling sukses sepanjang masa), Habitat dirancang oleh arsitek Israel-Kanada Moshe Safdie. Awalnya dimulai sebagai tesis master dalam arsitektur di McGill University dibangun sebagai paviliun untuk Expo 67. Keajaiban arsitektur berisi 354 unit beton pengidentifikasi yang baru disusun dan ditumpuk secara berbeda. Setiap unit memiliki teras pribadi berukuran sampai 90 meter persegi, SumoQQ.

Bagaimana menurut kalian? Pasti senang bisa tinggal di apartemen dengan bentuk bangunan yang unik, jadi bikin nggak mudah bosan. Selain itu juga bisa memberi banyak inspirasi. Kapan ya Indonesia punya apartemen dengan bentuk unik kayak gini?



0 comments:

Post a Comment